Monday, January 10, 2011

Membuat Website sebagai Identitas Perusahaan kita

Kalo semua bahan-bahan penunjang sudah kita kumpulkan, maka tugas kita yg lain adalah membuat website (toko). Ingat, website adalah identitas perusahaan kita. Segala transaksi bermula dari website kita. Kalo anda sudah punya website, anda boleh merasa seperti sudah punya perusahaan. 
Tak perlu NPWP, tak perlu ijin usaha seperti TDP, SIUP, dan sebagainya. Yang anda perlukan pada sebuah website adalah nama domain dan sewa hosting. Terkadang orang awam masih bingung membedakan apa beda website, domain, dan hosting? 
Baiklah saya jelaskan perbedaan dan hubungannya. Sebenarnya website, domain, dan hosting adalah satu kesatuan perangkat yg dibutuhkan agar toko kita bisa online. 
Website adalah rancangan toko kita yg telah kita isi dengan berbagai bahan penunjang seperti yg disebutkan di atas. 
Domain adalah nama website atau toko kita supaya bisa dibuka/diketik orang di internet. Hosting adalah perusahaan tempat kita menyewa ruang atau space toko di dunia online. Misalnya begini. Di dunia offline (misal bisnis di Mall), jika anda sudah siapkan rancangan toko, isi toko, dan nama toko, maka anda membutuhkan izin pihak pengelola Mall untuk berdagang di Mall tsb. 
Izin tersebut berupa izin penyewaan toko selama setahun atau anda beli toko di mall tsb. Nah, setelah dapat izin yg ditandai dengan serah terima kunci, maka barulah anda bisa berdagang. Kalo di bisnis online, website anda akan bisa 'mengudara' setelah mendapat persetujuan pihak perusahaan hosting sebagai penyedia space toko online kita. Cukup dengan menyewanya per tahun (ada juga hosting yg pembayarannya per 6 bulan), maka website anda akan bisa dilihat dari tempat manapun di dunia ini sepanjang masih ada sambungan internet. Okay, kembali ke website, domain, dan hosting. Ketiga hal terebut anda butuhkan agar toko anda bisa online dan dibaca orang se-Indonesia, bahkan bisa di baca orang se-dunia. Dahsyatnya, jika website anda sudah online, anda berpeluang dapat pembeli atau pengunjung dari dalam dan luar negeri. Website anda berpeluang dilihat oleh jutaan pasang mata di dunia ini. Syaratnya, website anda harus online dulu, dan anda melakukan 5 tahapan utama yang empat diantaranya sudah saya posting sebelumnya.


0 comments:

Post a Comment